Cita-Cita (Rumah Terakhir)

Manakala jiwa-jiwa liar terus berdebat ingin dipuja.
Dunia pun kerap mengaburkan ‘mata hati.
Lalu ‘pulang’ menjadi hal yang menakutkan.
Maka disini aku selalu paham, bahwa pada akhirnya semua akan kembali.
Kembali pulang kepada-Mu..

Ada salah satu keinginanku yang sampai sekarang masih aku tanamkan dalam alam bawah sadar. Keinginan tersebut adalah ingin membangun ‘tempat pemakaman umum’. Mungkin sebagian orang akan tertawa mendengarnya, untuk apa membangun pemakaman umum?
Anak muda sepertiku malah punya pikirannya yang kolot dan kuno.
Tapi memang itulah yang aku inginkan.

Keinginan ini terlintas dipikiranku sejak lama, terlebih ketika aku mulai paham bahwa sesungguhnya apa yang kita bangun di dunia ini kelak akan hilang. Namun kematian pasti akan datang kepada setiap manusia.

Lalu kenapa aku tidak berniat membangun rumah ibadah atau pesantren saja? Hemm… Menurutku, sebagian orang justru jarang memikirkan tentang ‘rumah terakhir’ mereka. Dengan membangun tempat pemakaman umum, secara tidak langsung itu adalah ‘reminder’ untuk diriku sendiri..
Setidaknya aku secara pribadi mulai menyiapkan bekal pulang..

Aku ingin sekali bisa membangun pemakaman umum yang tidak terlihat menakutkan. 🙂
Aku ingin merubah pandangan orang-orang bahwa selayaknya sebuah tempat ‘berpulang’ harus memberikan kesan ‘kedamaian’. Orang tidak takut lagi ketika menyambut kematian, ataupun ketika mengantarkan kerabat ke tempat ‘berpulang’.

 

 

jiwa-jiwa liar (sejujurnya) rindu tanah-Mu yang damai, tenangkan kami Wahai Dzat Pemilik Kehidupan…
damaikan kami dalam pelukan cinta-Mu, di sisi-Mu…
-kami (pun) pulang dengan tenang…

Tinggalkan Balasan

