Barcode? Apa itu?

barcode

Posting ini masih berhubungan dengan Barcode. Pasti kamu udah ga asing lagi dengan simbol yang satu ini. Dan berikut penjelasan singkat tentang Barcode.

Barcode disebut juga ‘optical machine-readable‘ yaitu ‘suatu simbol yang dapat dibaca menggunakan mesin optik’.
Awalnya barcode mewakili data dalam lebar (baris) dan spacings garis paralel dan dapat juga diwakili oleh data satu linear atau disebut juga 1D (1 dimensi) barcode. Barcode juga ada yang berbentuk pola kotak,titik,segienam serta beberapa pola-pola geometris dalam suatu gambar yang juga dikenal dengan 2D (2 dimensi). Meskipun beberapa pola menggunakan sistem 2D yang dikenal juga sebagai simbol bar,namun pola ini tetap dikategorikan sebagai suatu Barcode.

Penggunaan label Barcode yang pertama kali yaitu pada sebuah gerbong kereta. Hanya saja saat itu pemakaian label Barcode tidak menguntungkan secara komersial. Sampai akhirnya label Barcode pun secara otomatis digunakan pada setiap sistem pengecekan supermarket (supermarket checkout system). Dan hal ini berlaku sampai dengan sekarang. 😀

Barcode yang dikenal saat ini dibaca menggunakan alat yang disebut juga ‘Scanner Optik’ yang menggunakan software khusus.

Lebih lengkap tentang Barcode bisa dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Barcode/

Sekian posting dariku,semoga bermanfaat. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s