Dari Dunia Maya Berubah Jadi Cinta

Ini tentang CyLo (Cyber Love) yang udah jadi ‘hal biasa’ buat para netters.
Postingan ini aku ambil dari ‘Kompas Cetak‘. Dan aku sengaja ga ngubah sedikit pun tulisan ini,versi asli nya yang aku temuin di Kompas ada disini

Ok! Check This is!!

The uniqueness of making a relationship with different way

Love looks not with the eyes, but with the mind.

And therefore is winged cupid painted blind.

(William Shakespeare, Mid-Summer Night’s Dream 1595)

Zaman boleh berubah, teknologi boleh makin maju, tapi sepertinya gak ada yang berubah dari satu kata ini. Satu kata yang telah menginspirasi Leonardo da Vinci menciptakan Monalisa, satu kata yang membuat Titanic begitu legendaris.

Cinta. Apa yang berubah dari cinta? Mungkin hanya dari bagaimana kita mengungkapkan dan menjalani perasaan tersebut. Mulai lewat secarik kertas yang kita sebut surat, sampai yang paling canggih dewasa ini, internet atau yang lebih kita kenal dengan Cyber Love.

Apa Sih ”Cyber Love”??

Cyber love (baca: Cylo) bisa didefinisikan sebagai suatu hubungan yang melibatkan sebuah kata keramat yang biasa Mudaers sebut dengan ”cinta” yang terjalin secara tidak langsung lewat dunia maya.

Mungkin nggak sedikit dari Mudaers yang tahu atau malah memang pernah mencoba untuk menjalani yang namanya cylo ini dan hasilnya jelas macem-macem. Ada yang menganggap ini sebagai sesuatu yang seru, unik dan musti dicoba, tapi ada juga yang berpendapat ”Koq bisa sih? Gimana caranya?”

Beda pendapat nggak masalah dong, tiap orang pastinya punya pandangan masing-masing tentang hal di sekitar mereka, terlebih kalau topik yang lagi dibahas emang sesuatu yang seru buat diobrolin, ya kaya cylo ini misalnya. Well, how the uniqueness of making a relationship with cylo?

Sejarah Cylo

Cylo sendiri pada awalnya adalah istilah yang diberikan kepada mereka yang menggunakan dunia maya sebagai media dalam menjalani hubungannya. Fasilitas ini biasa dimanfaatkan mereka yang menjalani hubungan jarak jauh atau long distance.

Nggak jelas juga ya kapan, siapa, dan di mana cylo pertama kali ditemukan hingga menjadi booming seperti sekarang ini, yang pasti cylo udah bukan hal aneh lagi untuk kita. Khususnya buat kamu Mudaers yang doyan browsing.

Makin banyaknya situs internet yang menyediakan layanan messenger akhir-akhir ini bikin kita lebih leluasa melakukan cylo, seperti lewat Friendster, YM, MSN, Blog, atau facebook yang sedang happening belakangan ini.

Terlebih dengan perkembangan teknologi, yang makin memudahkan kamu mengakses itu semua hanya lewat handphone kamu. How cool is that!

”Cyber Lover”

Cyber lover adalah sebutan bagi mereka yang melakukan cylo. Dari hasil penelusuran yang tim Muda lakuin, mereka yang melakukan cylo cenderung adalah mereka yang nggak suka, kurang puas. atau yang paling parah adalah mereka yang benci sama dirinya sendiri di dunia nyata sampai akhirnya mencari kompensasi di dunia cyber.

Banyak dari cyber lover ini yang merasa kurang cukup mendapat perhatian dari lingkungannya sehingga memilih dunia maya sebagai pelarian dengan menjadi orang lain.

Kesulitan untuk berkomunikasi secara fisik/verbal, sulit mengemukakan ide-ide tertentu, atau mungkin lebih mudah mengaktualisasikan diri lewat kata-kata juga dijadikan alasan bagi mereka untuk memilih cara ini.

Kejujuran vs Kebohongan

Masalah paling besar dalam menjalin suatu hubungan lewat dunia maya adalah sebuah ketidakpastian. Mengutip apa yang dikatakan kartunis Peter Steiner, ”Di internet tak seorang pun tahu kamu adalah seekor anjing”.

Kita nggak bener-bener tahu siapa yang berada di balik layar monitor. Kita tidak pernah tahu persis apakah dia itu laki-laki atau perempuan dan kita juga tidak bisa yakin 100% bahwa dia berkata jujur atau tidak. (Tim SMAN 24 Bandung: Nova, Sofyan, Nadia, Dafit, Arinda, Teguh)

Iklan

2 thoughts on “Dari Dunia Maya Berubah Jadi Cinta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s